SOAL UJI Z
Suatu pabrik susu merk Hilo Teen melakukan
pengecekan terhadap produk mereka, Apakah rata-rata berat bersih satu kotak
susu bubuk yang diproduksi dan dipasarkan masih tetap 500 gram atau sudah lebih
kecil dari itu. Dari data sebelumnya diketahui bahwa simpangan baku bersih
perkotak sama dengan 125 gram. Dari sampel 50 kotak yang diteliti, diperoleh
rata-rata berat bersih 475 gram. Dapatkah diterima bahwa berat bersih rata-rata
yang dipasarkan tetap 500 gram? Ujilah dengan taraf nyata 5% !
Penyelesaian:
Diketahui : µ0
= 500
σ = 125
n = 50
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
α =
0,05
Ditanya
: Dapatkah diterima bahwa berat
bersih rata-rata yang dipasarkan tetap 500 gram ? Penyelesaian
:
H0 =
µ
= 500, berarti rata-rata bersih 1 kotak susu bubuk 500 gram.
H1
= µ < 500, berarti rata-rata bersih 1 kotak susu bubuk kurang dari 500
gram.
Zhitung =
Ztabel =Z
–α
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
=
=Z
–0,05
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
=
=Z . o,45
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.gif)
=
-1,46 =1,64 / -1,64
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image014.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.gif)
-1,64 -1,42
Kesimpulan :
Karena Zhitung =
-1,42 ≥ Ztabel = -1,46 maka H0 diterima. Jadi, berat bersih rata-rata susu
bubuk merek Hilo Teen perkotak yang dipasarkan tetap 500 gram.
SOAL
UJI T
Suatu sekolahan ingin mengetahui apakah rata-rata
nilai akhir Matematika SMP siswa baru tahun ini lebih tinggi dari rata-rata
nilai matematika siswa baru tahun lalu, rata-rata nilai matematika SMP siswa
baru tahun lalu 75. Untuk mengetahuinya, sekolahan tersebut mengambil sampel
secara acak sebanyak 20 ijazah SMP siswa baru tahun ini dan mencatat nilai
matematikanya. Nilai-nilai matematika yang diperoleh adalah sebagai berikut :
71, 82, 74, 70, 75, 72, 76, 83, 69, 74, 73, 71, 76,
80, 68, 88, 82, 79, 75, 81
Tingkat kepercayaan
yang digunakan dalam pengujian adalah 95%
Penyelesaian
:
1)
Hipotesis (Ha & Ho)
Ha
: rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih tinggi dari tahun lama.
H0
: rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih rendah atau sama
dengan tahun lama.
dengan tahun lama.
2)
Hipotesis (Ha & Ho) metode statistik
Ha
:
≤ 75
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.gif)
H0
:
> 75
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.gif)
3)
Menghitung standar deviasi (s) dan
rata-rata (
) dengan rumus :
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.gif)
S
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image029.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image031.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image033.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image035.gif)
=
14.6
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image037.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image039.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
4)
Menghitung thitung dengan
rumus :
thitung
0,3
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image041.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image043.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image045.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image047.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.gif)
5)
Menentukan taraf signifikan α= 0,05,
kemudian cari ttabel dengan ketentuan
db
= n –1 ; db = 20 – 1 = 19, sehingga didapat ttabel = 1,73
6)
Menentukan kriteria pengujian
Kriteria
pengujian pihak kiri
Jadi, thitung (0,3) ≤ ttabel (1,73) maka H0
diterima dan Ha ditolak.
![]() |
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image049.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image050.gif)
Daerah penolakan H0
Daerah
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image051.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image052.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image053.gif)
-1,73 0,3
7)
Kesimpulan
Ha
: rata-rata nilai akhir matematika SMP sisa baru lebih tinggi dari tahun lama
ditolak, sedangkan H0 :
rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih rendah atau sama dengan
tahun lama diterima.
SOAL
UJI CHI - KUADRAT
Pegawai Negeri Golongan I,,II, III dan IV membeli
mobil, uji hipotesis tersebut α = 5%.
Golongan
|
Kijang
|
Sedan
|
Pick Up
|
Jumlah
|
I
|
15
|
10
|
6
|
31
|
II
|
7
|
13
|
12
|
32
|
III
|
11
|
12
|
8
|
31
|
IV
|
3
|
8
|
5
|
16
|
Jumlah
|
36
|
43
|
31
|
110
|
Apakah semua mobil memiliki kualitas yang sama?
Penyelesaian
:
·
Perumusan Hipotesis
H0 = Kedua faktor bebas statistik
H1 ≠ Kedua faktor tidak bebas statistik
·
Hitung nilai yang diharapkan terjadi :
E11 =
= 10,14 E21
=
= 10,47
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image055.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image057.gif)
E12 =
= 12,11 E22
=
=
12,50
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image059.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image061.gif)
E11 =
= 8,73 E23 =
=
9,01
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image063.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image065.gif)
E31 =
= 10,14 E41
=
=
5,23
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image055.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image067.gif)
E32 =
= 12,11 E42
=
=
6,25
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image059.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image069.gif)
E33 =
= 8,73 E43 =
=
4,50
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image063.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image071.gif)
·
Nilai-nilai tersebut dapat dimasukkan
kedalam tabel seperti dibawah ini.
Golongan
|
Kijang
|
Sedan
|
Pick
Up
|
Jumlah
|
I
|
![]() ![]() ![]()
10,14
|
10
12,11
|
6
8,73
|
31
|
II
|
![]() ![]() |
13
12,50
|
12
9,01
|
32
|
III
|
11
10,14
|
12
12,11
|
8
![]() |
31
|
IV
|
3
5,23
|
8
6,25
|
5
4,50
|
16
|
Jumlah
|
36
|
43
|
31
|
110
|
·
Untuk pengujian hipotesis dihitung :
X2 =
+
+
+
+
+
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image079.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image081.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image083.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image085.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image087.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image089.gif)
+
+
+
+
+
+
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image091.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image093.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image095.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image097.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image099.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image101.gif)
=
+
+
+
+
+
+
+
+
+
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image103.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image105.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image107.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image109.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image111.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image113.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image115.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image117.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image119.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image121.gif)
+
+ ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image125.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image123.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image125.gif)
=
2,32
+ 0,36 + 0,85 + 1,14 + 0,02 + 0,99 + 0,07 + 0 + 0,06 + 0,95
+ 0,48
+ 0,05
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image126.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image127.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image128.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image129.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image130.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image131.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image132.gif)
![]() |
-12,6 7,3 12,6
·
Kesimpulan :
Dengan α = 0,05 dan dk (4-1) (3-1)
= (3) (2) = 6
Didapat X2 (0,95)(6)
= 12,6 dan ini lebih besar dari 7,3 sehingga H0 diterima
Jadi, pernyataan bahwa
sebuah mobil memiliki kualitas yang sama adalah benar..
SOAL UJI F
Seorang guru ingin
mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelas A, kelas B, dan
kelas C. Data yang diambil adalah sebagai berikut:
Kelas A (A1) = 7
8 9 6 5 7
8 9 =
8 orang
Kelas B (A2) = 8
8 6 5 5 9
7 7 = 8 orang
Kelas C (A3) = 7
7 8 7
5 5 6 6 = 8 orang
Buktikan ada perbedaan
atai tidak (α = 0,05) ?
Penyelesaian:
1)
Menentukan Informasi Hipotesis:
·
Hipotess (Ha dan Ho)
dalam bentuk kalimat.
Ha : Terdapat perbedaan hasil
belajar matematika yang signifikan antara kelas
A, kelas B, dan kelas C.
Ho : Tidak ada perbedaan
hasil belajar matematika yang signifikan antara
kelas A, kelas B, dan kelas C.
·
Hipotesis (Ha dan Ho)
dalam bentuk statistik.
Ha : A1 ≠ A2
≠ A3
Ho : A1 = A2
= A3
2) Table
Perhitungan Anova (uji – F)
·
Menghitung jumlah kuadrat antar group
(JKA) dengan rumus:
∑X1 = 7 + 8
+ 9 + 6 + 5 + 7 + 8 + 9 = 59, n1=
8
∑X1 = 8 + 8
+ 6 + 5 + 5 + 9 + 7 + 7 = 55, n1=
8
∑X1 = 7 + 7
+ 8 + 7 + 5 + 5 + 6 + 6 = 51, n1=
8
∑
= ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image137.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image135.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image137.gif)
= ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image139.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image139.gif)
= 435,1 + 378,1 + 325,1
= 1138,3
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image141.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image143.gif)
= ![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image145.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image145.gif)
=
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image147.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image147.gif)
=
1134,4
JKA
= ∑
-
= 1138,3 – 1134,4 = 3,9
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image135.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image141.gif)
·
Menghitung derajat bebas anatr group (dfA)
dengan rumus:
dFA
= k -1 = 3-1 = 2 dimana k= A1,
A2, dan A3
·
Menghitung jumlah rerata antar group (KRA)
dengan rumus:
KRA
=
=
= 1,95
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image149.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image151.gif)
·
Menghitung jumlah kuadrat dalam group
(JKD) dengan rumus:
∑(X1)2 = (7)2 + (8)2 + (9)2 + (6)2 + (5)2 + (7)2
+ (8)2 + (9)2 =
449
∑(X2)2 = (8)2 + (8)2 + (6)2 + (5)2 + (5)2 + (9)2
+ (7)2 + (7)2 =
393
∑(X3)2
= (7)2 + (7)2 + (8)2 + (7)2 + (5)2
+ (5)2 + (6)2 + (6)2 =333
∑Xt2
= ∑(X1)2 + ∑(X2)2
+ ∑(X3)2 = 449 + 393 + 333 = 1175
JKT
= ∑Xt2 -
= 1175 – 1134,4 = 40,6
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image141.gif)
JKD
= JKT – JKA = 40,6 – 3,9 = 36,7
·
Menghitung derajat bebas dalam group (dfD)
dengan rumus:
nA1
= 8 ; nA2 = 8 ; nA3
= 8
N
= nA1 + nA2 + nA3 = 8 + 8 + 8 = 24
DfD
= N – k = 24 – 3 = 21
·
Menghitung jumlah rerata dalam group (KRD)
dengan rumus:
KRD
=
=
= 1,75
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image153.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image155.gif)
Sumber
Varian (SV)
|
Jumlah
Kuadrat (JK)
|
Derajat
Bebas (df)
|
Kuadrat
Rerata (KR)
|
Fhitung
|
Taraf
Signifikan
(α)
|
Antar
group (A)
|
3,9
|
2
|
1,95
|
1,11
|
0,05
Ftabel
= 3,47
|
Dalam
group (D)
|
36,7
|
21
|
1,75
|
||
Total
|
|
|
|
|
|
3) Menentukan
Fhitung dan Ftabel
·
Fhitung dengan rumus Fhitung
=
=
= 1,11
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image157.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image159.gif)
·
Ftabel dengan rumus:
Ftabel = F(α) (dfA,dfD)
=
F(0,05) (2,21)
=
3,47
4) Kriteria
pengujian:
·
Ho diterima apabila : Fhitung
≤ 3,47
·
Ho
ditolak apabila : Fhitung > 3,47
![]() |
Daerah
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image161.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image162.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image163.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image164.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image165.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image166.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image167.gif)
![](file:///C:\Users\Asus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image168.gif)
-3,47 1,11 3,47
5) Kesimpulan
:
Karena Fhitung (1,11) ≤ Ftabel
(3,47) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak ada
perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas A, kelas B, dan
kelas C.
bgus sari contoh soal na tp ngpo ee utk simbol na dag muncul :(
BalasHapusMisiii min.. mau nnya klo contoh soal untk pertanian bsa ngk? Mksh yo min..
BalasHapussoalnya bagus tp rumusnya g pd kebuka ya?
BalasHapusRumusnya ga bisa kebuka
BalasHapusKlo nggak niat ngapload nggak usah !!!! Ngapload kok rumus nggk bisa di buka !!!!
BalasHapus