Jumat, 12 Desember 2014

CONTOH SOAL UJI-Z, UJI-T, UJI-CHI KUADRAT, UJI-F



SOAL UJI Z

Suatu pabrik susu merk Hilo Teen melakukan pengecekan terhadap produk mereka, Apakah rata-rata berat bersih satu kotak susu bubuk yang diproduksi dan dipasarkan masih tetap 500 gram atau sudah lebih kecil dari itu. Dari data sebelumnya diketahui bahwa simpangan baku bersih perkotak sama dengan 125 gram. Dari sampel 50 kotak yang diteliti, diperoleh rata-rata berat bersih 475 gram. Dapatkah diterima bahwa berat bersih rata-rata yang dipasarkan tetap 500 gram? Ujilah dengan taraf nyata 5% !
Penyelesaian:                 
Diketahui  :      µ0  = 500
                             σ  = 125
                          n  = 50
                           = 475
                          α  = 0,05     
Ditanya   :  Dapatkah diterima bahwa berat bersih rata-rata yang dipasarkan tetap 500 gram ? Penyelesaian :       
            H0 = µ = 500, berarti rata-rata bersih 1 kotak susu bubuk 500 gram.
            H1 = µ < 500, berarti rata-rata bersih 1 kotak susu bubuk kurang dari 500 gram.
Zhitung  =                Ztabel   =Z–α 
                                                              
=                       =Z–0,05
=                        =Z . o,45
                        = -1,46                         =1,64 / -1,64

                       
                                   
Daerah penolakan H0              Daerah
                                                            Penerimaan H0
  

                                                    -1,64     -1,42
Kesimpulan : 

Karena Zhitung    = -1,42 ≥ Ztabel  = -1,46 maka H0  diterima. Jadi, berat bersih rata-rata susu bubuk merek Hilo Teen perkotak yang dipasarkan tetap 500 gram.

SOAL UJI T
Suatu sekolahan ingin mengetahui apakah rata-rata nilai akhir Matematika SMP siswa baru tahun ini lebih tinggi dari rata-rata nilai matematika siswa baru tahun lalu, rata-rata nilai matematika SMP siswa baru tahun lalu 75. Untuk mengetahuinya, sekolahan tersebut mengambil sampel secara acak sebanyak 20 ijazah SMP siswa baru tahun ini dan mencatat nilai matematikanya. Nilai-nilai matematika yang diperoleh adalah sebagai berikut :
71, 82, 74, 70, 75, 72, 76, 83, 69, 74, 73, 71, 76, 80, 68, 88, 82, 79, 75, 81
Tingkat kepercayaan yang digunakan dalam pengujian adalah 95%
Penyelesaian :
1)      Hipotesis (Ha & Ho)
Ha : rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih tinggi dari tahun lama.
H0 : rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih rendah atau sama
        dengan tahun lama.

2)      Hipotesis (Ha & Ho) metode statistik
Ha : ≤ 75
H0 : > 75

3)      Menghitung standar deviasi (s) dan rata-rata () dengan rumus :
S   
     
     
 
 
= 14.6
     75,95
4)      Menghitung thitung dengan rumus :
thitung          0,3

5)      Menentukan taraf signifikan α= 0,05, kemudian cari ttabel dengan ketentuan
db = n –1 ; db = 20 – 1 = 19, sehingga didapat ttabel = 1,73

6)      Menentukan kriteria pengujian
Kriteria pengujian pihak kiri
Jadi,  thitung (0,3) ≤  ttabel (1,73) maka H0 diterima dan Ha ditolak.


 
                                                                       
                        Daerah penolakan H0               Daerah
                                                               penerimaan H0
                                                           -1,73     0,3
7)      Kesimpulan
Ha : rata-rata nilai akhir matematika SMP sisa baru lebih tinggi dari tahun lama ditolak, sedangkan  H0 : rata-rata nilai akhir matematika SMP siswa baru lebih rendah atau sama dengan tahun lama diterima.

SOAL UJI CHI - KUADRAT        
Pegawai Negeri Golongan I,,II, III dan IV membeli mobil, uji hipotesis tersebut α = 5%.
Golongan
Kijang
Sedan
Pick Up
Jumlah
I
15
10
6
31
II
7
13
12
32
III
11
12
8
31
IV
3
8
5
16
Jumlah
36
43
31
110

Apakah semua mobil memiliki kualitas yang sama?
Penyelesaian :
·         Perumusan Hipotesis
H0  =  Kedua faktor bebas statistik
H1   Kedua faktor tidak bebas statistik
·         Hitung nilai yang diharapkan terjadi :
E11 =       = 10,14                        E21 =     =  10,47
E12 =       = 12,11                        E22 =     =  12,50
E11 =       =  8,73                         E23 =      =  9,01
E31 =       = 10,14                        E41 =     =  5,23
E32 =       = 12,11                        E42 =     =  6,25
E33 =       =  8,73                         E43 =      =  4,50
·         Nilai-nilai tersebut dapat dimasukkan kedalam tabel seperti dibawah ini.
Golongan
Kijang
Sedan
Pick Up
Jumlah
I
15
             10,14
10
              12,11
6
             8,73
31
II
7
             10,47
13
              12,50
12
              9,01
32
III
11
             10,14
12
              12,11
8
              8,73
31
IV
3
               5,23
8
               6,25
5
              4,50
16
Jumlah
36
43
31
110

·         Untuk pengujian hipotesis dihitung :
X2  =   +  +  +  +  + 
+  +  +  +  +  +  
                  =     +  +  +  +  +  +   +  +  +  
            +  +
                   =   2,32 + 0,36 + 0,85 + 1,14 + 0,02 + 0,99 + 0,07 + 0 + 0,06 + 0,95
                        + 0,48 + 0,05
                   =  7,3
               
                                                                   Daerah
                        Daerah penolakan H0     Penerimaan H0       Daerah penolakan H0


 
                                                            -12,6    7,3      12,6

·         Kesimpulan :
Dengan α = 0,05 dan dk (4-1) (3-1) = (3) (2) = 6
Didapat X2 (0,95)(6) = 12,6 dan ini lebih besar dari 7,3 sehingga H0  diterima
Jadi, pernyataan bahwa sebuah mobil memiliki kualitas yang sama adalah benar..

SOAL UJI F
Seorang guru ingin mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelas A, kelas B, dan kelas C. Data yang diambil adalah sebagai berikut:
Kelas A (A1) =  7   8   9   6   5   7   8   9        = 8 orang
Kelas B (A2) =  8   8   6   5   5   9   7   7         = 8 orang
Kelas C (A3) =  7   7   8   7   5   5   6   6         = 8 orang
Buktikan ada perbedaan atai tidak (α = 0,05) ?

Penyelesaian:
1)      Menentukan Informasi Hipotesis:
·         Hipotess (Ha dan Ho) dalam bentuk kalimat.
Ha : Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan  antara kelas
        A, kelas B, dan kelas C.
Ho : Tidak ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara
        kelas A, kelas B, dan kelas C.
·         Hipotesis (Ha dan Ho) dalam bentuk statistik.
Ha : A1    A2   A3
Ho : A1  =  A2  =  A3
2)      Table Perhitungan Anova (uji – F)
·         Menghitung jumlah kuadrat antar group (JKA) dengan rumus:
∑X1 = 7 + 8 + 9 + 6 + 5 + 7 + 8 + 9 = 59,  n1= 8
∑X1 = 8 + 8 + 6 + 5 + 5 + 9 + 7 + 7 = 55,  n1= 8
∑X1 = 7 + 7 + 8 + 7 + 5 + 5 + 6 + 6 = 51,  n1= 8
 =
         =
         = 435,1 + 378,1 + 325,1
         = 1138,3
   =  
       = 
=
= 1134,4
JKA =  -  = 1138,3 – 1134,4 = 3,9
·         Menghitung derajat bebas anatr group (dfA) dengan rumus:
dFA = k -1 = 3-1 = 2          dimana k= A1, A2, dan A3
·         Menghitung jumlah rerata antar group (KRA) dengan rumus:
KRA =  = = 1,95
·         Menghitung jumlah kuadrat dalam group (JKD) dengan rumus:
∑(X1)2  = (7)2  + (8)2  + (9)2  + (6)2 + (5)2 + (7)2 + (8)2 + (9)2  = 449
∑(X2)2  = (8)2  + (8)2 + (6)2  + (5)2 + (5)2 + (9)2 + (7)2 + (7)2   = 393
∑(X3)2  = (7)2  + (7)2  + (8)2 + (7)2 + (5)2 + (5)2 + (6)2 + (6)2   =333
∑Xt2 = ∑(X1)2  + ∑(X2)2  + ∑(X3)2  = 449 + 393 + 333 = 1175
JKT = ∑Xt2 -  = 1175 – 1134,4 = 40,6
JKD = JKT – JKA = 40,6 – 3,9 = 36,7
·         Menghitung derajat bebas dalam group (dfD) dengan rumus:
nA1 = 8  ;  nA2 = 8  ;  nA3 = 8
N = nA1 + nA2 + nA3 = 8 + 8 + 8 = 24
DfD = N – k = 24 – 3 = 21
·         Menghitung jumlah rerata dalam group (KRD) dengan rumus:
KRD =  =  = 1,75
Sumber Varian (SV)
Jumlah Kuadrat (JK)
Derajat Bebas (df)
Kuadrat Rerata (KR)
Fhitung
Taraf Signifikan
(α)
Antar group (A)
3,9
2
1,95
1,11
0,05
Ftabel = 3,47
Dalam group (D)
36,7
21
1,75
Total






3)      Menentukan Fhitung dan Ftabel
·         Fhitung dengan rumus Fhitung =  =  = 1,11
·         Ftabel dengan rumus:
 Ftabel  = F(α) (dfA,dfD)
= F(0,05) (2,21)
= 3,47
4)      Kriteria pengujian:
·         Ho diterima apabila : Fhitung ≤ 3,47
·         Ho  ditolak apabila : Fhitung > 3,47


 
                                         
                                              Daerah                                      
Daerah penolakan H0        Penerimaan                   Daerah penolakan H0
                                                 H0
                                                                               
                                      -3,47     1,11      3,47

5)      Kesimpulan :
Karena Fhitung (1,11) ≤ Ftabel (3,47) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas A, kelas B, dan kelas C.

5 komentar:

  1. bgus sari contoh soal na tp ngpo ee utk simbol na dag muncul :(

    BalasHapus
  2. Misiii min.. mau nnya klo contoh soal untk pertanian bsa ngk? Mksh yo min..

    BalasHapus
  3. soalnya bagus tp rumusnya g pd kebuka ya?

    BalasHapus
  4. Klo nggak niat ngapload nggak usah !!!! Ngapload kok rumus nggk bisa di buka !!!!

    BalasHapus